Minggu, 30 November 2014

jangan mengistall lebih dari satu anti virus dalam komputer

Sebaiknya Jangan Menginstall Banyak Anti Virus dalam Satu Komputer

Advertisement
Mungkin sebagian orang banyak yang keliru memahami aplikasi antivirus yang terinstall di personal komputer atau laptop. Tidak sedikit yang memasangkan dua buah aplikasi antivirus kedalam perangkat PC atau laptop dengan harapan agar proteksinya lebih maksimal. Namun hal ini berbanding terbalik dengan yang dikatakan oleh seorang pakar antivirus dari Kaspersky yang mengatakan bahwa Sebaiknya Jangan Menginstall Anti Virus dalam Satu Komputer karena akan memberikan efek buruk bagi komputer.
Sebaiknya Jangan Menginstall Anti Virus dalam Satu Komputer
Sistem operasi Windows memang salah satu platform yang harus mendapat dukungan penuh aplikasi antivirus agar keamanan program terjaga dari serangan virus atau malware. Akhirnya sebagian orang memutuskan untuk menginstall lebih dari satu antivirus kedalam komputer mereka supaya keamanannya lebih terjamin.
Seorang ahli virus dari Kaspersky mengungkapkan bahwa menginstall lebih dari satu antivirus dalam satu komputer akan memberikan efek buruk, diantaranya adalah konflik yang terjadi antara kedua antivirus yang terinstall. Program antivirus tersebut akan menyalahkan satu sama lain ketika melakukan scanning virus atau malware.
Ketika program antivirus tersebut berjalan dan melakukan proses scanning virus, katakanlah ada di komputer terdapat sebuah malware atau virus terdeteksi maka keduanya akan berebut satu sama lain. Ketika satu buah program berhasil memindahkan virus tersebut ke karantina maka antivirus lain akan memperingatkan bahwa ada satu buah virus yang terdeteksi, dan seterusnya.
Tak hanya sampai disitu penggunaan dua buah antivirus juga akan menurunkan kinerja komputer yang berjalan. Hal ini terjadi karena sumber daya yang ada dalam komputer terpusat pada kedua buah program antivirus yang berjalan melakukan scanning virus.
Seperti yang dikutip dari Softpedia, pakar Kaspersky, Serge Malenkovich (09/09/2013) mengatakan, “Saat datang dengan lebih dari satu aplikasi antivirus sebagai proteksi komputer Anda, perlindungannya malah tidak akan lebih baik,” ujarnya.
“Sisihkan waktu untuk mencari satu buah aplikasi antivirus yang komprehensif yang sudah diuji secara independen untuk memerangi malware atau program-program merugikan lainnya sehingga proteksi komputer anda bisa lebih aman.” lanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar